Jeep Parts and Accessories

Minggu, 08 April 2012

Baru dua bulan pakai,  Ban sudah retak/pecah-pecah ……..grrhhhhh….

Kisah sedih ini pernah dialami oleh teman saya, dimana ban mobil yang baru dua bulan dibeli mengalami retak/pecah di sisi sampingnya seperti ban yang sudah lama dipakai.

Saya yakin bahwa hampir setiap kita pasti mengenal dan mengetahui benda yang namanya Ban,  namun saya juga yakin bahwa tidak setiap kita memahami dan mengetahui secara detil Ban itu sendiri.

Secara Umum ban terdiri dari beberapa bagian yang disebut Tread, Breaker & Belt dan Casing Bead.
Tread adalah bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan atau tusukan objek dari luar yang dapat merusak ban.
Breaker & Belt adalah bagian lapisan benang yang terletakdiantara tread dan casting yang berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada tread agar tidak langsung diserap casing.
Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.
Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi untuk tempat melekatnya velg.
Disamping nama-nama bagian dari ban sebagaimana tersebut di atas, Ban juga memiliki Kode yang sekali lagi tidak semua kita memahaminya. Contoh kode pada Ban biasanya ditulis sebagiberikut : 205/45R17, artinya : 205 = lebar telapak ban (mm), 45 Aspek ratio ketebalan Ban ( %), dan R17 =diameter Velg (inci) atau 31 x 10,50R15, artinya 31=tebal ban (mm), 10,50 =lebar tapak ba(mm) dan R15=diameter velg (inci).

Selain Kode-kode sebagaimana diatas, pada Ban juga terdapat kode tanggal pembuatan Ban, misalnya 2811 artinya , dua angka pertama (28) menandakan minggu pembuatan ban dan dua angka berikutnya (11) menandakan tahun pembuatan ban. Oleh sebab itu bagi anda yang akan membeli ban  perlu memperhatikan hal ini agar Anda tidak terbeli ban produksi lama untuk menghindari kejadian seperti yang menimpa teman saya di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar