Jeep Parts and Accessories

Senin, 21 November 2011

Kaki-Kaki Yang Bikin Pusing

 

Selain Mesin, Kaki-kaki ternyata merupakan faktor yang sangat penting pada sebuah kendaraan, kaki-kaki yang baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan.

Disamping berfungsi sebagai mana tersebut diatas, kaki-kaki secara tidak langsung juga berfungsi untuk memperindah/mempercantik penampilan kendaraan, anda bisa bayangkan jika salah satu komponen kaki-kaki tersebut ada yg rusak/patah, maka sudah dapat dipastikan penampilan  kendaraan anda menjadi rusak/jelek.

Feroza Maniac..! kaki-kaki ini ternyata cukup membuat   pusing kepala, sebab karena kaki-kaki ini tampilan  Feroza-ku jadi sedikit terganggu, karena sedikit agak miring ke kanan seperti orang kena stroke...he he..he...

Sudah cukup banyak usaha yang dilakukan untuk memperbaiki kemiringan ini, mulai dari mengganti ke empat shockbraker-nya, melakukan press pada ke-empat per, penggantian semua karet-karet bodi sampai penggantian per no.1 bagian   depan sebelah kanan,   namun masih belum bisa mengembalikan kondisi mobil sebagaimana yang diharapkan...rata dan tidak miring !

Feroza Maniac..!, berdasarkan informasi dari mekanik  bengkel yang saya kunjungi,   bahwa  kondisi body yang miring pada kendaraan roda empat itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut :

1. Shockbreaker / Shock Absorber

Komponen  ini berfungsi untuk meredam getaran/guncangan di saat mobil melaju dan melintas pada  berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker/Shock Absorber  terbuat dari besi baja yang berfungsi untuk membantu per/pegas dalam menopang bobot mobil berserta muatannya.

Daya tahan shockbreaker/Shock Absorber akan berkurang dan melemah seiring dengan lama dan beratnya beban penggunaan dan bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai, terutama saat melaju kencang, dan jika salah satu Shockbreaker ada yang lemah maka bisa jadi kendaraan akan miring pada posisi shockbreaker yang lemah.




2. Leaf Car Spring

Sama halnya dengan shockbraker Leaf Car Spring/Per Daun juga berfungsi untuk meredam getaran dan menahan beban kendaraan + muatannya.

Kenyamanan berkendaraan juga akan terganggu jika piranti  ini terlalu keras maupun terlalu lunak.  Agar tidak terjadi kemiringan kendaraan, maka  per   pada  empat posisi  harus memiliki jumlah lembar, lengkungan dan kekuatan yang sama.


3. Chasis .

Chasis atau Rangka merupakan Komponen kendaraan  yang berfungsi sebagai Pondasi tempat untuk menopang/tempat menempelnya komponen-komponen kendaraan seperti   body/carrosseries, Mesin dan Roda, nah jika chasis mobil sudah tidak rata/bengkok maka besar kemungkinan akan berpengaruh terhadap body mobil secara keseluruhan ( carrosserie akan terlihat miring)
  


4. Body Moulded Rubber / Karet Penggantung Body.
      Body Moulded Rubber/Karet Penggantung Body Mobil ini terbuat dari bahan karet yang  keras dan  tahan terhadap benturan/gesekan, Komponen ini berfungsi sebagai penghubung/perantara antara chasis dengan carrosserie agar tidak terjadi benturan/bergesekan langsung. Nah kalau salah satu karet-karet body ini sudah ada yang aus/rusak, maka kemungkinan body kendaraan miring juga ada.

Dari ke  4 komponen yang ada diatas, tiga diantaranya sudah coba dilakukan perbaikan/penggantian, namun kemiringan Feroza-ku masih  belum sembuh alias masih miring..sekarang tinggal satu komponen yang belum diperiksa ...Chasis...!  Ntah Lah...apa mungkin disini penyebabnya...??????

Feroza Maniac...!, Jika Anda punya pengalaman seperti yang saya alami saat ini....???? ....mohon masukannya....:)  Trims..




4 Wheel Parts Up to 20% Off Sitewide


Buy 3 Get 1 Free Instantly On Pro Comp Tires

10 komentar:

  1. pindah posis batre/accu ke kabin bagian belakang

    BalasHapus
  2. Sya khairul basri dr medan sya punya mobil feroza 1993 knp setiap jln buruk kyak ad bunyi besi belaga besi mhon informsiny

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin suara benturan knalpot yg kena besi per daun

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sya punya feroza 1993 setiap mlintasi jalan rusak ad kedengaran seperti besi belaga besi mhon infrmsinya trma ksh

    BalasHapus
  5. biasa atuh om, mbl kalo sdh tua kadang karet2nya sdh pada keras dan pecah jadi besi sdh beradu sama besi, tinggal dibawa ke bengkel kaki2 ganti karet2 biasanya sehat lagi... :)😊

    BalasHapus
  6. Saya andi sy punya peroza th 1994 mau tanya kalau shock nya di ganti smpe per keong kira2 gimana ya mhon masukan nya

    BalasHapus
  7. Saran saya :
    1 ganti seluruh karet body feroza
    2 ban serep jika tidak terlalu diperlukan dilepas saja karna posisi nya ada di sebelah kanan. Kebanyakan feroza atau taft miring Kekanan karna ada Pengaruh ban serep
    3 posisi aki juga di pindahkan ke sebelah kiri karna. Beban kanan terlalu banyak

    BalasHapus
  8. Saya hendrix. Saya piara feroza 1994. Kemarin abis ganti perdaun belakang. Tapi kenapa perdaunnya keliatan lurus ya setelah dipasang, padahal belum ditumpangi? Bukannya seharusnya perdaunnya tetap posisi melengkung setelah dipasang.
    Terimakasih

    BalasHapus