Selain Mesin, Kaki-kaki ternyata merupakan faktor yang sangat penting pada sebuah kendaraan, kaki-kaki yang baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan dalam berkendaraan.
Disamping berfungsi sebagai mana tersebut diatas, kaki-kaki secara tidak langsung juga berfungsi untuk memperindah/mempercantik penampilan kendaraan, anda bisa bayangkan jika salah satu komponen kaki-kaki tersebut ada yg rusak/patah, maka sudah dapat dipastikan penampilan kendaraan anda menjadi rusak/jelek.
Feroza Maniac..! kaki-kaki ini ternyata cukup membuat pusing kepala, sebab karena kaki-kaki ini tampilan Feroza-ku jadi sedikit terganggu, karena sedikit agak miring ke kanan seperti orang kena stroke...he he..he...
Sudah cukup banyak usaha yang dilakukan untuk memperbaiki kemiringan ini, mulai dari mengganti ke empat shockbraker-nya, melakukan press pada ke-empat per, penggantian semua karet-karet bodi sampai penggantian per no.1 bagian depan sebelah kanan, namun masih belum bisa mengembalikan kondisi mobil sebagaimana yang diharapkan...rata dan tidak miring !
Feroza Maniac..!, berdasarkan informasi dari mekanik bengkel yang saya kunjungi, bahwa kondisi body yang miring pada kendaraan roda empat itu dapat disebabkan oleh beberapa faktor berikut :
1. Shockbreaker / Shock Absorber
Komponen ini berfungsi untuk meredam getaran/guncangan di saat mobil melaju dan melintas pada berbagai kondisi lintasan. Shockbreaker/Shock Absorber terbuat dari besi baja yang berfungsi untuk membantu per/pegas dalam menopang bobot mobil berserta muatannya.
Daya tahan shockbreaker/Shock Absorber akan berkurang dan melemah seiring dengan lama dan beratnya beban penggunaan dan bila hal itu terjadi, maka mobil akan terasa limbung saat dikendarai, terutama saat melaju kencang, dan jika salah satu Shockbreaker ada yang lemah maka bisa jadi kendaraan akan miring pada posisi shockbreaker yang lemah.
2. Leaf Car Spring
Sama halnya dengan shockbraker Leaf Car Spring/Per Daun juga berfungsi untuk meredam getaran dan menahan beban kendaraan + muatannya.
Kenyamanan berkendaraan juga akan terganggu jika piranti ini terlalu keras maupun terlalu lunak. Agar tidak terjadi kemiringan kendaraan, maka per pada empat posisi harus memiliki jumlah lembar, lengkungan dan kekuatan yang sama.
3. Chasis .
Chasis atau Rangka merupakan Komponen kendaraan yang berfungsi sebagai Pondasi tempat untuk menopang/tempat menempelnya komponen-komponen kendaraan seperti body/carrosseries, Mesin dan Roda, nah jika chasis mobil sudah tidak rata/bengkok maka besar kemungkinan akan berpengaruh terhadap body mobil secara keseluruhan ( carrosserie akan terlihat miring)
4. Body Moulded Rubber / Karet Penggantung Body.
Body Moulded Rubber/Karet Penggantung Body Mobil ini terbuat dari bahan karet yang keras dan tahan terhadap benturan/gesekan, Komponen ini berfungsi sebagai penghubung/perantara antara chasis dengan carrosserie agar tidak terjadi benturan/bergesekan langsung. Nah kalau salah satu karet-karet body ini sudah ada yang aus/rusak, maka kemungkinan body kendaraan miring juga ada.
Dari ke 4 komponen yang ada diatas, tiga diantaranya sudah coba dilakukan perbaikan/penggantian, namun kemiringan Feroza-ku masih belum sembuh alias masih miring..sekarang tinggal satu komponen yang belum diperiksa ...Chasis...! Ntah Lah...apa mungkin disini penyebabnya...??????
Feroza Maniac...!, Jika Anda punya pengalaman seperti yang saya alami saat ini....???? ....mohon masukannya....:) Trims..
Buy 3 Get 1 Free Instantly On Pro Comp Tires
pindah posis batre/accu ke kabin bagian belakang
BalasHapusthanks infonya..
HapusSya khairul basri dr medan sya punya mobil feroza 1993 knp setiap jln buruk kyak ad bunyi besi belaga besi mhon informsiny
BalasHapusmungkin suara benturan knalpot yg kena besi per daun
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSya punya feroza 1993 setiap mlintasi jalan rusak ad kedengaran seperti besi belaga besi mhon infrmsinya trma ksh
BalasHapusbiasa atuh om, mbl kalo sdh tua kadang karet2nya sdh pada keras dan pecah jadi besi sdh beradu sama besi, tinggal dibawa ke bengkel kaki2 ganti karet2 biasanya sehat lagi... :)😊
BalasHapusSaya andi sy punya peroza th 1994 mau tanya kalau shock nya di ganti smpe per keong kira2 gimana ya mhon masukan nya
BalasHapusSaran saya :
BalasHapus1 ganti seluruh karet body feroza
2 ban serep jika tidak terlalu diperlukan dilepas saja karna posisi nya ada di sebelah kanan. Kebanyakan feroza atau taft miring Kekanan karna ada Pengaruh ban serep
3 posisi aki juga di pindahkan ke sebelah kiri karna. Beban kanan terlalu banyak
Saya hendrix. Saya piara feroza 1994. Kemarin abis ganti perdaun belakang. Tapi kenapa perdaunnya keliatan lurus ya setelah dipasang, padahal belum ditumpangi? Bukannya seharusnya perdaunnya tetap posisi melengkung setelah dipasang.
BalasHapusTerimakasih