Feroza Mania, ternyata Daihatsu
Rocky adalah mini SUV yang di
buat oleh pabrikan Mobil asal Jepang
“DAIHATSU” dan diproduksi sekitar tahun 1987 sampai 1998. Di Jepang Mobil ini
dikenal dengan nama Daihatsu “Lovibond” Rocky, sedangkan di UK dikenal dengan nama Daihatsu Sportrak dan di Amerika Latin,
Austraia atau Eropa dikenal dengan nama Daihatsu
Feroza
Ada beberapa varian mobil ini, dan agar tidak
membingungkan, pemilik kendaraan biasanya
mempergunakan kode/nomor produksi
seperti F-300 atau F-310 untuk membedakan masing-masing model .
Daihatsu
Rocky dengan model standar diberi kode sebagai F-300, sedangkan kode F-310
digunakan untuk menamai pengembangan dari produk dasar F-300, antara
lain: Daihatsu MkII Sportrak atau Daihatsu Feroza II.
Generasi pertama Daihatsu Rocky dibuat pada tahun 1987 hingga
1992. Untuk pemasaran di dalam negeri Jepang, mobil ini menggunakan mesin
4-silinder berkapasitas 1.6L SOHC, dengan daya berkisar antara 75 dan 105 PS
(55 dan 77 kW), dan hanya tersedia dengan model 3-pintu. Sedangkan model yang
diekspor keluar Jepang justru menggunakan mesin “detuned version” yang lebih bertenaga yaitu
95 PS (70 kW).
Di Indonesia sendiri, Daihatsu
tidak memasarkan mobil ini, tetapi menggunakan nama lain untuk memasarkan
produk Daihatsu Rugger Diesel yang menggunakan Extended Wheel Base, yang
lebih dikenal dengan sebutan Daihatsu Taft Rocky bermesin Diesel dan Feroza Mega Top bermesin Bensin
Generasi
kedua diperkenalkan pada tahun 1993, dengan model yang sedikit berbeda dengan
generasi sebelumnya, tetapi masih menggunakan ukuran chassisnya
yang sama. Di Australia, generasi kedua Daihatsu Rocky tersedia dengan dua
jenis mesin dengan kapasitas 1.6L yaitu :
Mesin
16 valve dengan multi-point injected.
Mesin
yang masih menggunakan karburator. Mobilnya
dipasarkan dengan nama : Daihatsu Feroza II SXP Mesin ini diambil dari
model yang dipasarkan di Jepang, dan hanya sanggup menghasilkan daya
95/105 PS
Semua
jenis mesin yang digunakan pada Daihatsu Rocky, baik DOHC atau SOHC telah
memakai teknologi DVVT (Daihatsu Variable Valve Timing
engine). Transmisinya menggunakan system manual yang dihubungkan dengan
transfer case untuk penggerak dua roda (2WD) atau empat roda (4WD). Untuk
perpindahan gigi dari 4x2 menjadi 4x4, dilakukan dengan menggunakan selector di
samping tongkat perseneling di kabin.
Sumber : wikipedia.org
Share info tentang SUV daihatsu ini menunjukan si penulisnya minim pengetahuan tentang SUV daihatsu.
BalasHapusSekedar masukan saja, lain kali jika ingin memposting sesuatu agar dipelajari dulu & dikaji ulang sebelum share.. Untuk menghindari kesalahan info apalagi yang menyangkut tentang spek / data teknis, nyebut namanya aja udah salah..
By Taft Mania
baru pemgen tanya beda karbu semua jenis SUV tsb apa??
BalasHapus